Tuesday, May 5, 2020

Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Menjaga Kesehatan Mata Secaran Alami Beberapa orang selalu dipuji karena keindahan matanya. Jarang diperhatikan, bagian putih mata yang sebelumnya berwarna putih cerah kini berubah menjadi keruh akibat kebiasaan kita sehari - hari. Beberapa orang mengaku terganggu dengan hal tersebut. Tentu saja bola mata yang tampak keruh benar - benar mengganggu penampilan.


 mata




Hindari Udara Kotor
Udara di dataran tinggi, iklim gurun, dan pesawat terbang bisa sangat kering. Angin dan asap juga bisa mengeringkan mata, seperti halnya pengering rambut dan pemanas mobil yang berhembus langsung ke mata. Saat mata tidak memiliki kelembaban yang cukup, mata bisa menjadi teriritasi, gatal, dan merah. Hindari udara kering sebisa mungkin. Bawa tetes mata untuk membantu melembabkan mata ketika hendak pergi ke tempat yang kering.


Konsumsi Wortel Secara Teratur
Mengkonsumsi wortel secara teratur sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Pada dasarnya mata membutuhkan vitamin C dan vitamin A agar bisa bekerja dengan baik. Kedua jenis vitamin ini bisa menghilangkan zat asing yang menumpuk dalam bagian putih mata. Selain itu wortel adalah sayuran ajaib yang bisa membantu mata menjadi lebih cerah dan sehat secara alami.


Kurangi Makanan Asin
Mengonsumsi terlalu banyak garam atau natrium dapat menyebabkan tubuh menahan air. Retensi air memiliki efek inflamasi yang bisa menyebabkan mata bengkak. Mengonsumsi terlalu banyak garam juga dapat meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah juga dikaitkan dengan pandangan kabur yang menurunkan kualitas pengelihatan. Untuk mencegah retensi air dan menjaga tekanan darah terkendali, cobalah membatasi asupan natrium hingga 2.300 miligram. Ini setara dengan 1 sendok teh garam per hari.


Kompres Mata
Mengompres mata dengan air hangat dapat membantu menjernihkan mata kita. Jika benar dilakukan hal ini dapat mengurangi ketegangan mata, mengatasi mata yang kusam dan kering. Kehangatan tersebut akan merilekskan otot mata dan membuatnya kembali bersinar. Selain itu juga dapat mengompres mata dengan air yang dingin atau es batu. Hal ini juga dapat membantu mendapatkan mata yang jernih berkilau.


Tidur Nyenyak
Cara yang paling sederhana untuk mendapatkan bola mata yang jernih adalah dengan memperbaiki kualitas tidur. Ketika memiliki 6 hingga 8 jam tidur pada malam hari akan terbangun dengan mata yang jernih dan berkilau. Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak bisa menyusun jadwal pada jam berapa harus mulai memejamkan mata.


Hindari Iritasi
Asap, debu atau berbagai polutan yang ada di udara bebas dapat membuat warna putih pada mata semakin keruh. Untuk meghindari hal tersebut kita bisa menjaga agar kebersihan ruangan di rumah terpelihara.


Kurangi Kafein, Gula dan Lemak
Mengonsumsi makanan yang banyak mengadung lemak dan gula dapat menimbulkan masalah kesehatan salah satunya mata. Lemak dan gula yang berlebihan di dalam tubuh akan membuat mata kita memerah dan menjadi kuning. Sedangkan kafein bukanlah minuman yang baik untuk kesehatan mata.


Lindungi Mata dari Cahaya Matahari Langsung
Melindungi mata dari sinar matahari dapat membantu mencegah mata kering. Ini juga dapat mengurangi risiko terbakar sinar matahari pada kelopak mata atau pada kulit sensitif di bawah mata. Untuk melindungi mata, pertimbangkan untuk mengenakan kacamata hitam dengan perlindungan ultraviolet (UV) saat terkena sinar matahari langsung. Kamu uga dapat menambahkan pelindung keselamatan ke sisi kacamata untuk membantu menghalangi angin dan udara kering. tabir surya khusus mata juga efektif mencegah area kulit mata yang terbakar.


Memperbanyak Minum air 
Tetap terhidrasi adalah bagian penting dari kesehatan secara keseluruhan. minum cukup air juga sangat penting untuk mata dan kulit. Air juga membantu mata terhindar dari sindrom mata kering yang menyebakan mata merah.Cobalah untuk minum setidaknya delapan gelas air 8 ons setiap hari untuk memastikan tubuh memiliki cukup kelembaban. Ini penting untuk menjaga mata tetap terlumasi dan terhidrasi. Kamu mungkin perlu minum lebih banyak air jika cuaca lebih hangat dari biasanya atau kamu sedang dalam aktivitas berat.


Istirahat Mata
Jika kamu melakukan pekerjaan yang memerlukan konsentrasi visual, seperti membaca atau melihat layar komputer, istirahatlah setidaknya sekali setiap 20 menit. Fokus secara visual pada satu area terlalu lama dapat menyebabkan mata menjadi kering, lelah, atau teriritasi. Untuk mengistirahatakn mata, coba tutup mata selama beberapa menit. Atau cobalah untuk berkedip cepat selama beberapa detik untuk membantu menyebarkan air mata alami mata secara merata ke permukaan mata. Ini akan mengatasi mata merah akibat kekeringan. Kamu juga bisa mengompres mata menggunakan waslap yang telah direndam dalam air dingin di mata selama 10 menit. Ini dapat membantu menenangkan mata dan meredakan peradangan.





BACA JUGA :








EmoticonEmoticon