Saturday, May 2, 2020

Macam- Macam Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

Palembang hanyalah sebagai aikon karena Palembang adalah ibu kota Propinsi. Kandungan gizi dari buah satu ini juga cukup banyak dan pastinya sangat bermanfaat bagi tubuh. Buah Duku mengandung energi sebesar 63 kilokalori, protein 1 gram, karbohidrat 16,1 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 18 miligram, fosfor 9 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain itu di dalam buah Duku juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,05 miligram dan vitamin C 9 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Buah Duku, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 64 %.

 buag duku



Berikut adalah beberapa manfaat buah duku bagi kesehatan yang perlu diketahui yaitu :

1. Menurunkan Berat Badan
Buah duku mengandung serat yang tinggi. Sehingga saat mengonsumsi buah ini kamu akan merasa kenyang lebih lama. Buah ini sangat cocok dijadikan menu saat kamu sedang menjalani program diet.


2. Mengatasi Diabetes
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa adanya senyawa alami dalam buah duku, yang dapat menurunkan kadar glukosa darah, sehingga dapat mengontrol kadar gula darah.


3. Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah duku, dipercaya mampu menjaga kesehataan jantung dan menyehatkan pembuluh darah. Vitamin C yang tinggi berperan mencegah risiko penyakit serangan jantung.


4. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi
Mengonsumsi buah duku juga berfungsi untuk mengatasi segala macam masalah mulut seperti gusi berdarah, sariawan, dan bau napas. Hal ini dikarenakan buah duku mengandung vitamin C dan vitamin D yang cukup tinggi.


5. Terdapat Kandungan Anti Oksidan
Buah duku juga termasuk sebagai sumber antioksidan alami, seperti polifenol. Antioksidan ini dapat membantu tubuh memecah radikal bebas yang biasanya menyebabkan kerusakan sel, pemicu penyakit, dan penuaan dini.


6. Sumber Vitamin B dan C


7. Menjaga Sistem Pencernaan
Salah satu gangguan pencernaan yang sering dialami adalah sembelit. Biasanya hal ini akibat dari kekurangan serat. Oleh sebab itu, kamu perlu konsumsi buah duku karena dalam 100 gram buah duku terkandung 4,3 gram serat yang baik untuk sistem pencernaan.


8. Menjadi Obat-obatan
Manfaat Lansium parasiticum tidak hanya berasal dari daging buahnya. Kulit dan daun buah duku juga sering dijadikan obat-obatan. Pada penelitian yang membahas mengenai manfaat buah duku, ekstrak kulit dan daun pohon duku berpotensi sebagai obat malaria. Kandungan yang ada di ekstrak kulit buah duku dapat melawan strain parasit penyebab malaria. Studi lain juga melaporkan bahwa kulit dan biji buah duku memiliki sifat antibakteri. Kulit dan biji buah duku yang dikeringkan akan menghasilkan asam lansionat yang dapat melawan infeksi beberapa jenis jamur, salah satunya Candida albican.


9. Menguatkan Tulang
Tak kalah dengan susu, buah duku juga memiliki kandungan kalsium dan magnesium yang mampu meningkatkan kekuatan tulang.Rajin mengonsumsi buah duku bisa menguatkan tulang dan mencegah osteporosis atau tulang keropos. Buah berbentuk bulat ini juga mengandung zat fosfor yang berperan penting untuk kesehatan tulang.


10. Menjaga Kesehatan Mata
Buah duku mengandung riboflavin, yakni senyawa penting yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks. Menurut hasil penelitian pada 2005 dalam “Archives of Ophthalmology”, seseorang yang kekurangan riboflavin dapat meningkatkan risiko penyakit mata, khususnya katarak. Tak perlu khawatir, Anda bisa memelihara kesehatan mata dengan mengonsumsi 3,5 ons buah duku, yang dipercaya bisa memenuhi kebutuhan asupan riboflavin harian.


11. Mencegah Anemia
Sejumlah penelitian menemukan buah duku bisa membantu seseorang terhindar dari penyakit anemia. Manfaat ini dikarenakan adanya zat besi dalam buah duku bisa meningkatkan sel darah merah.Dengan begitu, buah duku dapat mengobati anemia. Namun bagi yang memiliki tekanan darah tinggi bisa mengonsumsi beberapa buah duku saja dan tidak berlebihan.


BACA JUGA :

Manfaat Air Putih Untuh Tubuh Manusia







EmoticonEmoticon