Thursday, May 7, 2020

Fungsi Buah Pisang Untuk Kesehatan

Buah pisang adalah jenis buah yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Selain rasanya yang manis dan lezat, buah pisang sangat praktis untuk dimakan dan menjadi pilihan untuk menggantikan sarapan. Buah pisang memiliki rasa yang unik dan bisa membuat perut kenyang lebih lama, sehingga banyak yang mengonsumsinya sebagai pengganti sarapan. Kandungan nutrisi dalam buah pisang juga mampu menjaga kesehatan tubuh dan memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari. Pisang mengandung potasium, vitamin A, C, K, serat dan banyak kandungan lain yang baik untuk tubuh. Dengan berbagai kandungan tersebut, buah pisang memiliki sejumlah manfaat jika dikonsumsi.


 buah pisang


Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah fungsi buah pisang untuk kesehatan tubuh :

Pembangkit Gizi
Pisang adalah kelas berat dalam hal nutrisi. Ini dimuat dengan vitamin dan mineral penting seperti kalium, kalsium, mangan, magnesium, zat besi, folat, niasin, riboflavin, dan B6. Semua ini berkontribusi pada berfungsinya tubuh dan menjaga kesehatan


Sumber Energi
Pisang bisa dikonsumsi setiap hari dan menyediakan energi yang cukup untuk tubuh. Selain itu, buah pisang diperkaya dengan zat besi yang efektif untuk mengatasi masalah kekurangan energi. Meski demikian, ternyata tidak semua buah pisang baik untuk kesehatan tubuh. Ada beberapa jenis pisang yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung.


Sebagai Antasida
Meskipun ada beberapa jenis pisang yang tidak baik untuk penderita asam lambug, tetapi ada banyak jenis pisang yang bisa dijadikan sebagai antasida.Antasida adalah salah satu obat yang sering digunakan untuk mengobati asam lambung dan penyakit lambung lainnya. Penyebab asam lambung memang sangat beragam, dan pisang bisa menjadi salah satu buah yang bisa digunakan untuk mengatasi asam lambung tersebut.


Membangun Metabolisme
Pisang memiliki rasa manis dan asam. Rasa manis dikatakan membawa rasa berat tetapi rasa asam dikenal untuk merangsang agni (jus pencernaan), sehingga mendukung pencernaan dan membantu membangun metabolisme.


Melawan Anemia
Pisang memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Buah pisang baik dikonsumsi bagi anda yang menderita anemia.Anemia adalah suatu kondisi di mana ada penurunan jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah. Anemia menyebabkan kelelahan, sesak napas, dan pucat.


Kaya Serat dan Antioksidan
Buah pisang yang sangat populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat ini memiliki kandungan serat dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Selain kandungan serat dan antioksidan yang baik untuk tubuh, vitamin dalam buah pisang juga banyak, seperti kalium, vitamin B6, vitmain C, magnesium, tembaga, mangan, karbohidrat, protein dan sedikit lemak.


Sumber Kalium Tinggi
Kandungan kalium yang tinggi dalam pisang membuatnya menjadi buah yang super. Mineral ini dikenal karena banyak khasiatnya yang bermanfaat bagi kesehatan, membantu mengatur detak jantung, tekanan darah, dan menjaga otak tetap berkonsentrasi. Jadi pastikan Anda menambahkan pisang ke harian Anda untuk menjaga kesehatan jantung dan otak Anda, ditambah tekanan darah yang lebih stabil.


Mengendalikan Gula Darah
Pisang juga baik untuk mengendalikan kadar gula darah, terutama untuk penderita diabetes. Kandungan pektin dan pati resistan pada buah pisang mampu menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi nafsu makan dengan memperlambat proses pengosongan perut. Selain itu, pisang adalah buah yang memiliki indeks glikemik rendah, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.


Menjaga Kesehatan Jatung
Makanan berserat tinggi dikatakan baik untuk jantung. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Leeds di Inggris, meningkatkan konsumsi makanan kaya serat seperti pisang dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular (CVD) dan penyakit jantung koroner (PJK).


Membantu Mendorong Kesehatan Kardiovaskular
Penyakit kardiovaskular adalah gangguan metabolisme. Obesitas, diabetes dan penyakit jantung sangatlah berkaitan erat. Pisang mentah adalah sumber tepung yang baik, menurut penelitian pada hewan pati resisten membantu menjaga kolesterol tetap terkendali.


Baik Untuk Wanita Hamil
Kandungan vitamin B6 di dalam pisang membuat buah ini baik bagi wanita hamil. Vitamin B6 bertanggung jawab memproduksi sel darah merah, menyingkirkan zat kimia yang tidak diinginkan dari hati dan ginjal, serta meningkatkan metabolisme. Manfaat buah ini baik untuk semua orang termasuk bagi wanita hamil karena membantu perkembangan janin.




BACA JUGA :

Bahaya Konsumsi Telor Asin Berlebihan






EmoticonEmoticon