Saturday, April 18, 2020

Pencegahan Virus Corona

Virus Corona membuat pasien positif virus covid-19 itu menjadi semakin bertambah dari hari ke hari. Kejadian ini bukan saja menggemparkan tapi juga membuat banyak masyarakat diliputi perasaan khawatir. Kekhawatiran itu datang dari selain banyaknya korban yang meninggal juga virus covid-19 belum ditemukan vaksinya. 

 Virus Corona




   Meskipun begitu pemerintah sudah melakukan beberapa upaya untuk memutus penularan covid-19. Salah satunya adalah dengan himbauan menjaga jarak fisik (physical distancing), kerja dari rumah, belajar di rumah hingga beribadah dari rumah. dalam hal ini setiap individu memiliki tanggung jawab terhadap orang lain, dengan tidak ikut menyebarkan virus Corona. Pencegahan virus Corona yang harus diterapkan oleh setiap individu yaitu :

1. Menggunakan Masker 
  Menggunakan masker hidung dan mulut bisa lakukan untuk menghindari virus Corona adalah dengan cara menghindari bepergian ke luar rumah. Jika terpaksa harus pergi, pakailah masker. Jangan melepas masker sembarangan. Segera hubungi petugas kesehatan terdekat jika kondisi kesehatan semakin memburuk. Mintalah bantuan tenaga medis sampaikan keluhan pada petugas jika dalam 14 hari sebelumnya kamu pernah melakukan perjalanan terutama ke negara terjangkit, atau pernah kontak erat dengan orang yang memiliki gejala yang sama.


2. Mencuci Tangan
   Cara pencegahan pertama yang harus kamu terapkan sehari-hari adalah rajin mencuci tangan. Hal ini karena sekitar 98 persen penyebaran penyakit bersumber dari tangan. Mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun dan air mengalir diyakini sangat efektif membunuh kuman, bakteri, dan virus, termasuk juga virus Corona. Dengan terus menjaga kebersihan tangan membuat kamu memiliki risiko rendah terjangkit berbagai penyakit.


3. Cara Bersin dan Batuk
   Satu di antara penyebaran virus Corona bisa melalui udara. Ketika kamu bersin dan batuk, tutup mulut dan hidung agar orang yang ada di sekitar tidak terpapar percikan kelenjar liur. Selain itu juga bisa menggunakan tisu ketika menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk. Cuci tangan kamu hingga bersih menggunakan sabun agar tidak ada kuman, bakteri, dan virus yang tertinggal di tangan.


4. Jangan Berkumpul
  Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia telah membuat peraturan untuk tidak melakukan aktivitas keramaian selama pandemi virus Corona. Tak hanya tempat umum, seperti tempat makan, gedung olah raga, tetapi tempat ibadah saat ini harus mengalami dampak tersebut. Tindakan tersebut tak lain merupakan upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona. Virus Corona dapat ditularkan melalui makanan, peralatan, hingga udara. Untuk saat ini, dianjurkan lebih baik melakukan aktivitas di rumah agar pandemi virus Corona cepat hilang.


5. Mencuci Bahan Makanan
   Selain mencuci tangan, mencuci bahan makanan juga penting dilakukan. Rendam bahan makanan, seperti buah-buah dan sayur-sayuran menggunakan larutan hidrogen peroksida atau cuka putih yang aman untuk makanan. Simpan di kulkas atau lemari es agar bahan makanan tetap segar ketika ingin dikonsumsi. Selain untuk membersihkan, larutan yang digunakan sebagai mencuci memiliki sifat antibakteri yang mampu mengatasi bakteri yang ada di bahan makanan.


6. Jaga Jarak dengan Orang Lain
  Satu di antara pencegahan penyebaran virus Corona yang efektif adalah jaga jarak sosial. Pemerintah telah melakukan kampanye jaga jarak fisik atau physical distancing. Dengan adanya penerapan physical distancing ketika beraktivitas di luar ruangan atau tempat umum, kamu sudah melakukan satu langkah mencegah terinfeksi virus Corona. Jaga jarak kamu dengan orang lain sekitar satu meter. Jaga jarak fisik tak hanya berlaku di tempat umum, di rumah pun juga bisa di terapkan.




BACA JUGA : 





EmoticonEmoticon