Friday, April 17, 2020

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Di Indonesia, buah nanas sering dikonsumsi langsung, dibuat jus ataupun dijadikan sebagai campuran bumbu rujak, sudah terbukti baik untuk kesehatan. Tak hanya mengandung antioksidan, buah ini juga tinggi akan vitamin C dan juga serat. Dalam 100 gram buah nanas mengandung 40 Kkal, 0,6 gram protein, 9,9 gram karbohidrat, 0,6 gram serat dan 22 mg vitamin C. Selain itu, nanas juga mengandung fosfor, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, mangan, thiamin, serat, natrium, dan gula buah (sukrosa).

 buah nanas



Berikut Beberapa Manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh manusia yaitu :

1. Mengontrol Diabetes
   Kandungan serat dan gula alami dalam buah nanas sangat baik untuk penderita diabetes. Hal itu dibuktikan pada penderita diabetes tipe satu dan dua. Misalnya, penderita diabetes tipe satu buah nanas mampu membantu menurunkan kadar glukosa darah tinggi. Sedangkan, penderita diabetes tipe dua menghasilkan peningkatan gula darah, insulin dan tingkat lipid.

2. Menyehatkan Mata
   Adanya kandungan vitamin A dan vitamin C berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan asupan dari mengonsumsi buah nanas dapat membantu untuk mengurangi risiko penyakit katarak.

3. Awet Muda
 Salah satu hal yang didapatkan dari manfaat buah nanas untuk kecantikan ialah menggunakan masker nanas di wajah. Hal tersebut karena buah nanas memiliki kandungan asam alpha-hydroxy dan antioksidan yang mana mampu menangkal radikal bebas yang dapat merusak kesehatan kulit.

4. Memperkuat Tulang dan Jaringan Tubuh
   Manfaat lainnya ialah mengonsumsi buah nanas mampu mencegah osteoporosis karena kandungan mineral mangan dalam buah nanas yang membantu untuk memperkuat tulang dan jaringan tulang bahkan jaringan ikat di sekitar tulang. Faktanya, secangkir jus nanas cukup memberi asupan tiga perempat dari kandungan mangan yang dibutuhkan tubuh tiap hari. Agar lebih optimal bisa juga meracik jus nanas dengan campuran yogurt atau susu untuk meningkatkan kandungan kalsium.

5. Melancarkan Pencernaan

   Makan buah nanas segar teratur rupanya mampu mengobati masalah pencernaan karena kandungan bromelain dalam buah nanas merangsang pencernaan protein dan mengurangi peradangan usus. Konsumsi buah nanas kering tanpa pemanis dapat menstimulasi pelepasan lambung dan cairan pencernaan untuk membantu makanan larut.

6. Menyembuhkan Luka dengan Cepat

  Adanya anti inflamasi dalam kandungan buah nanas bermanfaat untuk menyembuhkan luka secara cepat. Cara penggunaannya cukup mengoleskan jus nanas di area yang terasa sakit. Selain itu, jus buah nanas juga dapat membantu membersihkan luka.

7. Menjaga Kesehatan Jatung
 Zat penting lainnya dalam buah nanas ialah potasium yang berguna untuk menyeimbangkan kadar air di dalam tubuh. Hal tersebut berguna untuk menurunkan risiko hipertensi. Kandungan vitamin C sendiri baik untuk jantung seperti mencegah terjadinya gangguan pada pembuluh darah akibat kolestrol jahat yang menyumbat.

8. Menghindari Penyakit Sinusitis

   Penyakit sinusitis berbeda dengan influenza, dimana lendir yang menyumbat hidung sulit disembuhkan karena terperangkap dalam rongga. Biasanya penderita sinusitis akan melakukan operasi untuk mengeluarkan lendir yang tersumbat. Buah nanas mengandung enzim bromelain yang mampu sebagai anti inflamasi. Enzim tersebut dapat mengurangi lendir dan peradangan karena sinusitis.





Manfaat Buah Apel





EmoticonEmoticon