Sunday, June 9, 2019

Manfaat buah Duku bagi Kesehatan tubuh dan Efek sampingnya

Buah duku banyak ditemukan di provinsi Sumatera Selatan. Mungkin buah ini tidak sepopuler buah apel, pisang, anggur atau semangka, namun jangan salah lantaran khasiat buah ini tidak berbeda jauh dengan buah-buah tersebut.


Kandungan dalam buah duku ternyata sanggup memperlihatkan imbas positif bagi kesehatan tubuh. Jika dihitung dalam setiap 100 gram buah kudu mengandung zat berupa :

Kalori 7 kkal
Protein 1.0 gram
Lemak 0.2 gram
Karbohidrat 13 gram
Zat besi 0.9 miligram
Kalsium 18 miligram
Fosfor 9 miligram
Mineral 0.7 gram

Dan sehabis diteliti ternyata kandungan kalori, zat besi dan mineral dalam buah duku lebih tinggi daripada buah apel atau jeruk. Buah duku yang matang akan terasa bagus namun jangan hingga tergigit bijinya lantaran biji duku terasa pahit.

Saat ini duku tidak hanya dimakan dalam bentuk buah saja namun sudah banyak diolah menjadi sari sirup, selai atau isian puding.

Buah duku juga bermanfaat sebagai obat resin yang berfungsi dalam pengobatan kolik (sakit perut akut) dan peradangan dan sebagai antispasmodic untuk menyembuhkan kejang-kejang.

Manfaat buah duku


1. Cegah kekurangan darah

Kekurangan darah bisa menciptakan kau merasa lemas dan tidak berdaya. Zat besi dalam buah ini bisa tingkatkan sel darah merah dan melancarkan sirkulasi darah.

2. Obat anti cacing

Sangat gampang untu menciptakan obat anti cacing dari buah duku. Kamu cukup menumbuk biji buah duku hingga halus. Lalu, campurkan dengan sedikit air. Kamu cukup minum cairan tersebut sekali dalam sehari dengan takaran seperempat gelas.

3. Sumber Antioksidan

Antioksidan sendiri merupakan sebuah nutrisi yang berfungsi menghindari tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh proses pencernaan yang mengubah makanan menjadi energi di dalam tubuh. Antioksidan juga berperan untuk menghindarkan tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh polusi maupun zat beracun.

Baca juga : Cara Mengonsumsi Biji Alpukat dan Manfaatnya

4. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu faktor penyebab penuaan dini yaitu lantaran radikal bebas. Vitamin C dalam buah ini sangat efektif untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas.

Vitmain C juga bermanfaat untuk melindungi protein lipid, asam nukleat, dan karbohidrat dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas maupun polusi atau racun.

5. Menguatkan Gigi

Buah duku berguna untuk menguatkan gigi lantaran kandungan fosfor yang ada didalamnya. Gigi akan menjadi besar lengan berkuasa dan sehat kalau sering mengkonsumsi buah ini. Hal ini juga bisa dioptimalkan dengan mengkonsumsi manfaat strawberrry untuk kesehatan gigi.

6. Menjaga Kesehatan Gusi

Kesehatan gusi bisa dirawat dengan mengkonsumsi vitamin C. Seperti yang sudah disebutkan bahwa buah duku mempunyai kandungan vitamin C yang banyak sehingga berguna untuk menjaga kesehatan gusi. Kandungan vitamin C.

7. Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin C sangat diperlukan bagi semua orang untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Kandungan vitamin C dalam buah duku berguna untuk menjaga kekebalan tubuh serta berguna juga untuk orang yang sedang berada dalam masa pemulihan.

8. Menurunkan Berat Badan

Buah duku tidak disangka ternyata juga bisa dipakai untuk menurunkan berat badan. Buah duku akan membantu tubuh untuk mendapat carnitine. Carnitine akan mengarahkan molekul lemak ke sebuah jaringan pembakaran lemak. Molekul lemak ini harus diperhatikan bagi siapapun yang sedang menurunkan berat tubuh lantaran kalau terjadi kekurangan molekul lemak, tubuh akan terasa lelah dan kurang energi.

Jadi, kalau carnitine dalam tubuh berkurang akan terjadi penimbunan lemak. Buah duku ini juga bisa dikonsumsi bersamaan dengan manfaat apel bagi yang tengah menjalani kegiatan diet.

9. Melancarkan Sistem Pencernaan

Selain itu, buah ini juga berguna untuk mencegah kanker pada terusan pencernaan. Kandungan kalori, mineral serta zat besi pada buah duku juga lebih banyak kalau dibandingkan dengan apel atau jeruk manis.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit sanggup dijaga dengan sering mengkonsumsi makanan yang mengandung manfaat vitamin E. Buah duku juga mempunyai kandungan vitamin E sehingga efektif untuk menjaga kesehatan kulit ibarat :

mencegah penuaan dinimenghaluskan serta melembutkan kulitmenjaga kelembaban kulitmenjaga kulit dari sinar UVMembantu penyembuhan luka

11. Mengendalikan Kadar Kolesterol

Metabolisme kolesterol pada tubuh akan menjadi asam empedu. Bagi penderita penyakit kolesterol, hal ini sanggup dibantu dengan sering mengkonsumsi buah duku.

12. Mengatasi Diare dan Demam

Buah duku berguna secara efektif sanggup mengobati diare dan juga bermanfaat untuk menurunkan panas atau demam tinggi. Caran membuatnya juga cukup gampang :

Ambil biji buah dukuTumbuk bijinya hingga halusCampurkan dengan airMinum sehari satu kali.

11. Mengusir Nyamuk

Buah duku juga mempunyai manfaat sebagai pengusir nyamuk atau serangga ibarat manfaat daun salam. Caranya mudah, yaitu dengan aben kulit buah duku dikala akan dipakai sebagai pengusir nyamuk atau serangga.

12. Pengobatan Masalah Kesehatan Kulit

Buah duku tidak hanya berguna untuk kesehatan, tapi juga bermanfaat untuk kulit ibarat mengatasi jerawat, menghaluskan kulit, hingga mengobati gatal-gatal akhir gigitan serangga. Caranya yaitu hanya dengan menggosokkan kulit buah duku ke wajah yang berjerawat atau kulit yang gatal-gatal.

Efek samping buah duku

1. Berbahaya Untuk Penderita Kanker

Seorang yang mempunyai riwayat penyakit kangker mempunyai sejumlah pantangan yang wajib untuk dihindari. Pantangan ini yang akan meningkatkan proses penyembuhan seorang pasien. Adapun pantangan itu berupa buah-buahan, semacam buah anggur, nanas, durian, dan juga duku. Buah yang memang baik untuk tubuh ini ternyata mengandung alkohol. Meksipun jumlahnya tidak terlalu banyak. Ketika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak akan membahayakan alasannya sel kangkerakan berkembang biak secara cepat .

2. Menambah Berat Badan

Tidak bisa dipungkiri, buah duku yakni buah yang mengandung karbohodrat tinggi, layaknya nasi. Sebagian orang menghindari konsumsi nasi lantaran nasi dianggap sebagai salah satu makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang bisa menambah berat badan. Itu berarti karbohidrat berlebih pada sebuah makanan bisa berdampak pada berat badan. Maka dari itu, jangan mengonsumsi duku terlalu banyak alasannya karbohidratnya yang tinggi bisa menciptakan Anda gemuk dalam waktu cepat.

Baca juga : Manfaat buah Kelengkeng untuk Kesehatan Serta Efek Sampingnya

3. Menyebabkan Maag

Jika Anda mempunyai riwayat penyakit maag, sebaiknya Anda mengawasi setiap makanan yang masuk ke tubuh Anda. Hindari makanan yang susah dicerna dan mengandung gas. Maka dari itu, makan duku sewajarnya saja,  hindari konsumsi duku dalam porsi yang banyak sekaligus.


4. Terlalu banyak fruktosa

Reaksi kompleks pemecahan fruktosa ini menghasilkan lemak, asam urat serta radikal bebas yang justru tidak baik untuk tubuh.

5. Kelebihan karbohidrat

Karbohidrat memang sebaiknya dikurangi, tapi buah mengandung banyak karbohidrat berbentuk gula. Jika terlalu banyak justru akan diubah menjadi lemak dan menciptakan Anda gemuk. Lebih baik mengombinasikan buah-buahan yang tidak begitu bagus dengan buah bagus semoga tidak kelebihan karbohidrat.

6. Risiko Diabetes

Duku yakni salah satu buah yang mempunyai kandungan fruktosa yang cukup tinggi. Maka jangan pernah mengonsumsi duku dalam jumlah banyak sekaligus lantaran bisa meningkatkan risiko diabetes. Seperti diketahui, penderita diabetes dianjurkan untuk konsumsi buah-buahan berserat ibarat jeruk, jambu, pepaya, dan sebagainya.

7. Meningkatkan Kadar Trigliserida

Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak yang dibawa dalam ajaran darah. Trigliserida sendiri berasal dari makanan serta minuman yang dikonsumsi oleh seseorang. Dengan tingginya kadar trigliserida, maka seseorang akan lebih berisiko terkena serangan jantung serta sindrom metabolik.

Itulah manfaat dan imbas samping buah duku bagi kesehatan kita. Semoga bermanfaat

Blogger Lampung Abal - Abal yang Sedang Belajar.


EmoticonEmoticon