Monday, June 10, 2019

Apa penyebab Kulit kering dan Bagaimana cara mengatasinya

Mempunyai kulit wajah yang mulus dan berseri merupakan ukuran seorang perempuan dikatakan cantik. Wajah yang terlihat segar akan mempermanis kesan terhadap pemiliknya, terutama bila seorang perempuan mempunyai acara yang mengharuskannya bertemu dengan banyak orang. Penampilan yang prima ditunjang dengan wajah bersinar menjadi sesuatu yang wajib, lantaran memberi kesan pemiliknya memperhatikan kebersihan dirinya.

Lain halnya bila seorang perempuan kebetulan sedang mempunyai problem kulit wajah yang kusam. Penampilan wajahnya akan terkesan kusam pula secara keseluruhan, walau bagaimanapun pilihan busana dan dandanan lainnya, lantaran wajah ialah hal pertama yang diamati oleh orang lain ketika melihat diri kita.

Ciri Kulit Kering


Adapun bila kondisi kulit kering hanya terjadi sewaktu – waktu, contohnya ketika perubahan cuaca, maka belum tentu berarti kulit kita ialah jenis yang kering.

  1. Kulit akan selalu tampak kusam dan bersisik.
  2. Pori – pori wajah hampir tidak terlihat lantaran sangat kecil.
  3. Bila dicermati, banyak terdapat garis – garis halus atau kerutan yang sangat tipis atau garis putih menyerupai retakan pada kulit.
  4. Karena selalu mengalami iritasi, kulit terus terasa gatal.
  5. Kulit selalu terlihat mengelupas walaupun sehabis mencuci muka.
  6. Wajah terlihat kemerahan atau mengalami radang.


Penyebab Kulit Kering

Jika sudah mengetahui dari ciri – ciri tersebut apakah kulit kita termasuk tipe yang kering atau bukan, langkah selanjutnya ialah mencari penyebabnya. Kulit kering sanggup disebabkan oleh aneka macam faktor, diantaranya yaitu:

Keturunan

Faktor keturunan atau genetis ialah yang paling mungkin menjadi penyebab seseorang mempunyai tipe kulit yang kering, lantaran biasanya tipe kulit kering sudah diwariskan sebagai bawaan lahir.

Sinar matahari

Terlalu sering terkena sinar matahari sanggup menimbulkan kulit kehilangan kelembaban alaminya. Panas yang terik akan menciptakan kulit kering dan terlihat kusam.

Kosmetik yang tidak cocok 

Kita harus teliti dalam menentukan kosmetik, lantaran ada kandungan materi kosmetik yang berbahaya, contohnya ancaman kandungan paraben pada kosmetik. Kandungan berbahaya itu sanggup menimbulkan kulit wajah menjadi rusak, contohnya menjadi iritasi, kusam, jerawatan atau meradang. Jangan lupakan juga bahwa ada materi pemutih wajah berbahaya yang harus diwaspadai bila ingin menggunakan krim pemutih kulit, lantaran tidak semua krim pemutih dan kosmetik kondusif dan telah terdaftar pada Badan Kosmetika dan Obat – obatan (BPOM).

Pengobatan

Kulit juga sanggup menjadi kering ketika kita dalam masa pengobatan lantaran imbas dari obat yang kita minum. Seperti diketahui bahwa obat yang mengandung materi kimia niscaya mensugesti kondisi badan kita, dan sedikit banyak juga akan mensugesti kondisi kulit.

Baca juga : Penyebab Batu Ginjal dan Bagaimana Cara Mengatasi, Mencegah Penyakit Batu Ginjal


Gaya Hidup Yang Buruk

Kebiasaan jelek sering tidur larut, merokok, minum alkohol, stress dan mempunyai teladan makan tidak teratur usang kelamaan akan mensugesti kondisi kulit. Wajah akan terlihat lebih bau tanah dari usia sesungguhnya lantaran keadaan kulit yang buruk.

Radikal Bebas

Jika badan sering terekspos oleh polusi menyerupai debu, asap kendaraan, asap pembakaran sampah dan lainnya, maka badan akan memproduksi radikal bebas yang sanggup dengan gampang menimbulkan kulit menjadi kering dan kusam. Untuk menghindarinya maka kita harus melawan radikal bebas dengan masker wajah alami yang mengandung antioksidan contohnya kentang dan kiwi.

Hormonal

Kondisi hormon yang tidak seimbang sanggup menjadikan aneka macam problem kulit. Selain bisul dan kulit berminyak, tingkat hormon dalam badan juga sanggup menciptakan kulit menjadi kering. Hal – hal yang sanggup mempengaruhinya antara lain ialah pubertas, kehamilan, pemakaian alat kontrasepsi, dan masa menstruasi.

Wajah kering sanggup diatasi dengan menerapkan beberapa cara merawat kulit biar tidak kusam yang terbagi menjadi perawatan yang sanggup dilakukan sehari – hari, dan perawatan rutin yang berupa masker wajah yang terbuat dari materi alami.

Perawatan Sehari – Hari

Macam-macam perawatan ini sanggup dilakukan setiap hari, sesuai kebiasaan yang terhubung dengan rutinitas kehidupan sehari-harinya. Berikut ini cara mengatasi kulit kering pada wajah yang sanggup dilakukan dengan gampang :

1. Memakai Pelembab

Pilihlah pelembab untuk kulit kering dan kusam yang memang mempunyai formula khusus untuk kondisi kulit tersebut. Cari yang formulanya paling ringan dan tidak mengandung terlalu banyak materi kimia. Sebaiknya kita cari dulu isu mengenai produk yang ingin digunakan untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan, contohnya malah menimbulkan kerusakan pada kulit wajah.

2. Makanan Sehat

Mengonsumsi buah dan sayur secara teratur sanggup mengembalikan kelembaban alami pada kulit, lantaran pada buah dan sayuran terkandung banyai cairan yang bergizi dan nutrisi yang sangat baik untuk kulit. contohnya anggur, brokoli, beras merah, alpukat, macam kacang – kacangan dan biji – bijian, buah beri, dan lain – lain.

3. Memakai Sabun Muka

Jangan gunakan sabun mandi untuk mencuci muka, lantaran hal itu akan menciptakan kulit wajah malah menjadi makin kusam. Gunakan sabun yang memang diformulasikan khusus untuk muka atau wajah biar kulit wajah tidak menjadi kusam.

4. Hindari Menggosok Muka

Ketika mengeringkan wajah, jangan menggosok muka terlalu keras. Jika gerakan tangan ketika menggosok muka terlalu kasar, sanggup menimbulkan kulit wajah mengalami iritasi. Cukup menepuk muka dengan handuk hingga kering, dan pilih handuk yang lembut.

5. Pakai Krim Malam

Pada malam hari kulit akan melaksanakan regenerasi untuk menggantikan sel kulit yang mati, lantaran itulah pemakaian krim malam untuk membantu proses regenerasi sangat dianjurkan. Jangan lupa untuk mengecek produknya terlebih dulu apakah mengandung materi berbahaya atau tidak, atau berkonsultasi kepada dokter kecantikan. Salah satunya ialah khasiat olay total effect night cream. Gunakan juga cream untuk menghilangkan kantung mata.

6. Cuci Muka Dengan Air Dingin

Cobalah hindari mencuci muka dengan air hangat terlalu sering, lantaran air hangat sanggup menghilangkan kelembaban alami pada kulit. Manfaat air hangat untuk wajah hanya sanggup diterapkan sesekali, contohnya ketika akan membersihkan komedo dan merawat wajah yang berjerawat.

7. Air Putih

Dehidrasi atau kekurangan cairan pada badan menjadi salah satu lantaran kulit wajah juga menjadi kusam. Cukupi kebutuhan cairan badan dengan minum air putih sebanyak yang diharapkan oleh badan kita. Jangan hingga kita kekurangan minum air putih dan lebih banyak minuman manis atau kemasan, lantaran hal itu akan semakin memperburuk kondisi kulit.

8. Olah Raga

Kegiatan yang memungkinkan badan banyak bergerak dan mengeluarkan keringat ialah dengan berolah raga. Gerak badan akan melancarkan peredaran darah yang artinya kulit pun akan terjaga kesehatannya, lantaran peredaran darah berfungsi membawa nutrisi ke seluruh tubuh. Manfaat olahraga untuk kecantikan sangat baik, lantaran itu usahakanlah berolahraga walaupun hanya sedikit waktunya setiap hari.

Perawatan Dengan Masker Wajah

Banyak buah – buahan yang bermanfaat untuk mengatasi wajah kering lantaran mengandung nutrisi dan gizi yang baik untuk kulit wajah. Beberapa dari buah dan sayuran tersebut ialah :


1. Tomat

Manfaat tomat untuk wajah sangat baik untuk cara mengatasi kulit kering pada wajah. Cara menggunakannya pun sangat mudah, yaitu:


  1. Cuci higienis buah tomat yang masih segar secukupnya.
  2. Hancurkan tomat tersebut hingga halus, kemudian pakai merata di wajah.
  3. Biarkan sekitar 30 menit atau hingga terasa agak kering, kemudian bilas hingga bersih.


Buah tomat banyak mengandung vitamin C yang sangat bagus untuk regenerasi kulit. Selain manfaat tomat untuk kulit, ada juga manfaat tomat untuk alis yang sanggup merawat alis biar tampak makin tebal dan indah.

2. Alpukat

Salah satu buah yang mempunyai khasiat melembabkan kulit ialah alpukat. Manfaat alpukat untuk kulit selain melembabkan ialah meremajakan, menghaluskan, dan mencerahkan kulit serta menjadi cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami. Cara pemakaiannya adalah:


  1. Ambil satu buah alpukat matang, basuh bersih.
  2. Kerok daging buahnya dan hancurkan hingga halus.
  3. Pakai di seluruh wajah, sanggup juga ditambahkan beberapa tetes madu.
  4. Setelah dibiarkan beberapa ketika hingga hampir kering, bersihkan wajah dengan seksama.


Bila dilakukan secara rutin, masker alpukat akan menciptakan wajah tampak kenyal, cerah dan tidak kusam lagi, bahkan wajah akan terlihat lebih putih dan bersih.

3. Wortel

Sayuran berwarna jingga ini mempunyai manfaat yang bagus untuk mata. Manfaat wortel untuk kulit juga sama baiknya, yaitu sanggup mencerahkan , merelaksasi, melembabkan, menghilangkan noda di kulit wajah dan lain – lain. Cara pemakaiannya yaitu:


  1. Bahannya ialah wortel berukuran sedang satu buah atau dua buah yang berukuran kecil dan madu.
  2. Cuci higienis wortel dan rebus hingga lunak, kemudian hancurkan hingga menjadi pasta. Tambahkan madu secukupnya kemudian aduk merata.
  3. Pakai adonan ini di wajah selama sekitar 15 menit atau hingga mengering, kemudian bilas hingga bersih.


Wortel juga sanggup menjadi cara menghilangkan kutil secara alami. Sayuran ini banyak mengandung vitamin A yang diketahui sangat baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, wortel sanggup menjadi anti inflamasi atau anti radang bagi kulit yang mengalami iritasi dan sanggup menjdi cara mencegah penuaan dini pada kulit wajah.

Baca juga : Bahaya Makanan Kaleng Bagi Kesehatan


4. Lidah buaya

Manfaat pengecap buaya untuk kulit wajah ialah untuk merawat kulit wajah yang kering dan berjerawat. Selain itu pengecap buaya sanggup menjadi cara meluruskan rambut secara alami bagi perempuan yang ingin rambutnya tampak lurus. Cara pemakaiannya menyerupai berikut:


  1. Cuci higienis pengecap buaya dan potong – potong.
  2. Ambil gelnya dan gosokkan ke pecahan wajah sebagai masker wajah, biarkan hingga hampir mengering.
  3. Jika sudah agak mengering, bilas wajah hingga bersih.



Kulit kering yang terjadi sesekali sebagai akhir dari imbas beberapa faktor sanggup kembali normal bila dilakukan perawatan khusus tadi, namun bila Anda mempunyai kulit kering sebagai bawaan genetika Anda, maka perawatan ini tidak sanggup tidak boleh begitu saja, melainkan harus terus dilakukan supaya kondisi kulit Anda tidak kembali kering dan kusam.

Blogger Lampung Abal - Abal yang Sedang Belajar.


EmoticonEmoticon