Friday, May 31, 2019

Cara Mengonsumsi Biji Alpukat dan Manfaatnya

Buah yang terkenal dari negara Meksiko ini mempunyai nama latin Persea Americana merupakan salah satu buah favorit bagi banyak orang. Selain rasanya yang manis, daging buahnya yang tebal memperlihatkan rasa kenyang dan bisa menjadi alternatif cemilan sehat di antara dua waktu makan.


Namun siapa yang menyangka jikalau biji alpukat yang ada di tengah-tengah buah tersebut juga mengandung banyak manfaat. Setelah membaca artikel ini, pastikan Anda tidak membuang biji alpukat dan olah sesuai kebutuhan.

Menurut studi, biji alpukat mengandung 70 persen nutrisi yang dikandung buahnya. Maka tidak heran jikalau sekarang semakin banyak orang yang tidak membuang biji alpukat dan justru menyimpannya untuk kemudian diolah supaya mendapat manfaat yang terkandung di dalamnya.

Biji alpukat yang berwarna cokelat dan bertekstur keras itu mengandung antioksidan, fenolik dan serat yang jauh lebih tinggi dari daging buahnya. Dengan fakta tersebut, maka tidak heran jikalau semakin banyak orang yng ingin tahu lebih lanjut mengenai 11 manfaat biji alpukat dan cara mengolahnya.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Biji alpukat mengandung zat antioksidan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, membantu regenerasi sel dan melawan zat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Jika kita mengonsumsi alpukat tidak hanya buahnya, namun juga bijinya, maka tubuh kita akan semakin siap berperang melawan gangguan-gangguan kesehatan.

Menurunkan Tekanan Darah

Kalium yang dikandung oleh biji alpukat sama besarnya dengan yang dikandung daging buahnya. Kalium ini berfungsi untuk melenturkan pembuluh darah dan arteri yang tegang, sehingga bisa mengatasi hipertensi yang kita alami. Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa menimbulkan gangguan kesehatan lainnya, menyerupai jantung dan stroke. Oleh karenanya harus segera diatasi dengan baik.

Baca juga : Manfaat tanaman kemangi untuk kesehatan pria dan wanita

Mencegah Kanker

Kandungan flavonoid di dalam biji alpukat menjadikannya sebagai anti kanker yang mujarab. Tidak hanya daun dan buahnya, bijinya pun mempunyai kadar flavonoid yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu, dikala ini obat untuk kanker belum banyak ditemukan. Maka, hal terbaik yakni melaksanakan pencegahan dengan cara rutin mengonsumsi alpukat, baik itu daging, biji maupun daunnya.

Menyehatkan Pencernaan

Serat yang dikandung biji alpukat jauh lebih banyak jikalau dibandingkan dengan daging buahnya. Dengan mengonsumsinya secara rutin, kita bisa terhindar dari dilema sembelit. Metabolisme tubuh pun akan berjalan dengan baik dan sistem pencernaan kita pun semakin sehat.

Menurunkan Kolesterol

Tidak hanya daun dan buah alpukat yang bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, biji alpukat pun ternyata jikalau diolah dengan tepat bisa membantu menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol yang tinggi bisa menjadikan banyak gangguan kesehatan, menyerupai jantung dan stroke. Oleh karenanya sebelum mengarah pada penyakit yang lebih serius, kolesterol yang terlanjur naik harus segera diturunkan.

Mengurangi Peradangan

Biji alpukat yang ditumbuk halus bisa dibentuk sebagai lotion atau minyak kemudian oleskan pada tempat yang mengalami peradangan, abses atau memar. Dengan zat anti inflamasi yang dikandungnya, peradangan yang kita alami akan segera membaik secara perlahan.

Menurunkan Berat Badan

Pada manfaat nomor keempat telah dijelaskan bahwa biji alpukat bisa membantu menyehatkan pencernaan. Pencernaan yang sehat akan berdampak pada metabolism tubuh yang semakin baik. Semakin baik sistem metabolism tubuh, maka semakin cepat pula berat tubuh kita mencapai angka ideal.

Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan yang dikandung oleh biji alpukat tidak hanya bisa menangkal radikal bebas, namun juga menjaga tubuh dari penuaan dini. Garis-garis wajah dan bintik-bintik hitam di wajah bisa teratasi tepat dengan rutin memakai lotion yang dibentuk dari biji alpukat yang telah ditumbuk halus.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit yang sehat mengambarkan tubuh yang sehat. Tidak hanya bisa dikonsumsi secara oral, biji alpukat bisa diolah sebagai lotion dan bisa menjaga kelembutan dan kelembaban kulit. Biji alpukat telah membantu kita melambaikan tangan dari kulit kering dan bersisik.

Baca juga : Manfaat lidah buaya untuk menjaga kesehatan

Merawat Rambut

Selain diolah menjadi scrub atau lotion, biji alpukat juga bisa diolah menjadi pasta atau masker. Oleskan masker itu pada rambut yang lembap untuk menjaga ketebalan, kehalusan dan kekuatan rambut. Masker rambut dari biji alpukat ini juga efektif menghilangkan ketombe serta mengatasi rambut berminyak. Diamkan kurang lebih tiga puluh menit dengan cara menutup rambut memakai handuk yang telah dibasahi dengan air hangat. Lalu bilaslah sampai bersih.

Mengatasi Sakit Gigi

Gigi berlubang tidak hanya menjadikan kita susah makan alasannya sisa masakan seringkali masuk ke dalam lubangnya, namun juga menghadirkan sensasi rasa sakit yang bisa merajalela sampai ke potongan tubuh lainnya. Tumbuk biji alpukat sampai halus, kemudian taruh di dalam gigi yang berlubang. Rasakan kesannya beberapa dikala kemudian.

Cara Mengkonsumsi Biji Alpukat

Untuk bisa meraih 11 manfaat biji alpukat yang telah dijelaskan di potongan awal, maka kita harus mengetahui bagaimana cara mengolah biji alpukat yang benar. Pengolahan yang tepat akan mendatangkan manfaat yang luar biasa.


  • Bersihkan biji alpukat kemudian tumbuk sampai halus. Jika Anda kesusahan menumbuk, Anda bisa menghaluskannya dengan cara diblender atau ditaruh penggiling kopi. Untuk memudahkan proses penghancuran, potong dulu biji alpukat menjadi beberapa potongan yang lebih kecil. Biji alpukat yang telah halus bisa dijadikan bumbu dalam masakan, topping salad, atau dicampurkan pada jus dan smoothies, Selain itu kita juga bisa menggunakannya sebagai pasta untuk mengatasi gigi berlubang.
  • Cara mengolah biji alpukat yang kedua yaitu dengan merebus biji alpukat di dalam air sampai mendidih. Lalu saring airnya dan seduh di dalam gelas. Untuk menambah rasa, kita bisa menambahkan madu ke dalamnya. Air rebusa biji alpukat ini bisa menurunkan kolesterol, tekanan darah, menyehatkan pencernaan, mencegah kanker dan gangguan kesehatan lainnya.
  • Panggang biji alpukat kurang lebih sepuluh menit, kemudian haluskan. Bubuk alpukat ini bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit dan rambut. Anda bisa menambahkan minyak zaitun dan mengoleskan lotion biji alpukat ini ke atas permukaan kulit tubuh dan wajah untuk hasil yang maksimal. Bubuk biji alpukat ini juga bisa menjadi masker kulit serta masker rambut yang berkhasiat.
  • Selain dikonsumsi secara oral dan ditumbuk untuk pemakaian luar, biji alpukat juga bisa diolah menjadi hiasan yang menarik untuk sop, salad dan aneka masakan ringan bagus yang Anda buat.


Dengan mengetahui 11 manfaat biji alpukat dan cara mengkonsumsinya dibutuhkan kita bisa lebih maksimal mengolah alpukat, tidak hanya daun dan buahnya, namun juga bijinya. Semoga keluarga kita selalu dilindungi dari segala macam gangguan kesehatan. Selamat mencoba.

Blogger Lampung Abal - Abal yang Sedang Belajar.


EmoticonEmoticon