Thursday, May 30, 2019

Asal usul Buah Aprikot dan Manfaat buah Aprikot



Asal Usul Buah Aprikot

Buah aprikot atau Prunus Armeniaca merupakan salah satu spresies dari subgenus prem dan buah persik. Mengenai asal usul buah aprikot sangat sulit ditemukan lantaran buah ini sudah dikembangkan sejak zaman prasejarah. Namun, kemungkinan besar asal buah aprikot yaitu dari sebelah barat cina atau asia tengah, atau bahkan mungkin Jepang dan Korea. Seiring berjalannya waktu, buah aprikot tersebar di seluruh dunia, namun pada tahun 2011 ada lima negara sebagai penghasi aprikot (eksporti) terbanyak, yaitu Turki, Iran, Uzbekistan, Italia, dan Aljazair.



Bentuk buah aprikot hampir sama dengan buah apel, hanya saja warna kulitnya dan warna dagingnya oranye. Sedangkan ukuran buah aprikot antara 4-5 cm dengan berat sekitar 35 gram.  Untuk pohon aprikot bentuknya relatif kecil, dengan tinggi sekitar 10 – 12 meter dengan daun berbentuk bundar telut. Ada banyak cara yang dalam mengkonsumsi buah aprikot, contohnya dimakan langsung, atau diawetkan dengan proses pengeringan atau pengalengan.

Kandungan nutrisi

1 buah aprikot dengan berat sekitar 40 gram, mengandung 17 kalori,
4 gram karbohidrat,
0,5 gram protein,
3 gram gula,
1 gram serat makanan,
1 gram lemak, dan tanpa kolesterol.

Kadar vitamin A pada aprikot yakni 914,20 IU dengan jumlah beta karoten 544,95 mcg, 3 mcg folat, dan 1,2 mcg vitamin K.

Buah ini mempunyai tingkat tinggi kalium yaitu 104 mg, 3 mg magnesium, dan 7 mg fosfor.

Manfaat


1. Menghilangkan Komedo dan Jerawat

Minyak berlebih yang bercampur dengan kotoran yang menumpuk pada pori-pori wajah yakni penyebab munculnya komedo dan jerawat. Karena buah aprikot masih sangat sulit ditemukan di pasaran, sebagai alternatifnya Anda bisa menentukan skin care dengan kandungan apricot seed. Biji buah aprikot dalam produk skin care, menyerupai face scrub atau peeling cream sanggup membantu membersihkan minyak berlebih, kotoran, serta sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

2. Mencegah Penuaan Dini

Buah aprikot kaya akan kandungan anti-oksidan yang bisa memperlihatkan donasi untuk kulit terhadap radikal bebas dan paparan sinar matahari yang menjadi penyebab utama munculnya gejala penuaan dini, menyerupai kerutan dan garis halus. Sumber anti-oksidan dari buah aprikot berasal dari vitamin A, C, serta flavonoid yang sanggup menutrisi serta meremajakan kulit wajah. Selain itu, kandungan vitamin E dalam aprikot juga membantu menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit dengan menambah produksi kolagen di dalam kulit.

3. Sebagai antioksidan

Selain mengandung vitamin A ternyata di dalam buah aprikot juga mempunyai kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan ini sangatlah baik untuk tubuh dan diharapkan di dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang cukup akan membantu anda untuk terhindar dari banyak sekali macam penyakit yang disebabkan lantaran kekurangan antioksidan di dalam tubuh.

4. Mengobati sembelit

Aprikot kaya serat sehingga cocok dikonsumsi bagi mereka yang sedang menderita sembelit. Selain itu kandungan serat pada aprikot akan merangsang produksi cairan lambung dan memudahkan sistem pencernaan untuk menyerap nutrisi.

Baca juga : Manfaat buah stroberi untuk kesehatan tubuh

5. Mencegah terjadinya anemia

Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah. Seseorang yang mengalami anemia biasanya akan gampang merasa pusing. Banyak sekali obat-obatan dan buah-buahan yang sanggup mencegah seseorang mengalami anemia. Salah satunya yakni buah aprikot, kandungan yang terdapat didalam Buah aprikot akan membantu tubuh anda untuk mencegah terjadinya anemia. Untuk itu maka konsumsilah anemia sebagai salah satu solusi termudah supaya anda terhindar dari penyakit anemia.

6. Menyehatkan mata

Karena aprikot tinggi vitamin A, konsumsi buah ini membantu untuk memperbaiki penglihatan sampai mencegah efek jelek dari radikal bebas yang biasanya menyerang sistem kekebalan tubuh.

7. Mencegah terjadinya hipertensi

Hipertensi merupakan tekanan darah tinggi, bahwa Buah aprikot sanggup dipakai untuk mengontrol tekanan darah. Hal ini disebabkan kandungan yang terdapat di dalam aprikot sangatlah banyak sehingga membantu untuk mengontrol tekanan darah. Tekanan darah yang terkontrol akan membantu anda untuk terhindar dari penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Untuk itu maka konsumsilah Buah aprikot supaya anda sanggup terhindar dari penyakit hipertensi.

8. Baik untuk jantung

Selain untuk mengobati sembelit, aprikot yang dikemas penuh serat ini bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat. Sehingga berguna untuk memperkuat jantung.

9. Digunakan untuk mengatasi dehidrasi

Didalam Buah aprikot mengandung mineral, sehingga Buah aprikot sanggup dipakai untuk mengatasi kehilangan cairan tubuh pada seseorang. Dehidrasi merupakan penyakit kekurangan cairan sehingga Anda perlu melengkapi kebutuhan cairan yang terdapat di dalam tubuh anda. salah satu solusi termudah supaya anda terhindar dari kehilangan cairan tubuh anda sanggup mengkonsumsi buah aprikot.

10. Memperkuat tulang

Kandungan mineral menyerupai kalsium, zat besi, tembaga, mangan, dan fosfor dalam aprikot diharapkan untuk memperkuat tulang. Mengonsumsi buah ini setiap hari bisa mencegahmu dari osteoporosis.

11. Menutrisi kulit dari dalam

Selain bermanfaat untuk mencerahkan kulit dari dalam ternyata buah aprikot juga bermanfaat untuk menutrisi kulit dari dalam. Sehingga kulit anda tetap sehat dan terjaga.

12. Baik untuk ibu hamil

Berbagai macam kandungan yang terdapat di dalam Aprikot sangatlah baik dikonsumsi untuk ibu hamil.

13. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kandungan potasium dan sodium dalam aprikot mempunyai fungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh yang nantinya berguna untuk memperbaiki sistem metabolisme dan mencegah kram otot.

14. Mengobati demam

Jus aprikot sangat baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang sedang menderita demam. Sebab buah ini mengandung semua mineral dan vitamin penting yang mempunyai sifat menenangkan dan anti inflamasi untuk mengurangi rasa sakit serta peradangan lantaran demam.

15. Mempercantik kulit

Buah aprikot mengandung vitamin A, vitamin C, dan fitonutrien. Semua nutrisi ini berguna untuk memperlambat proses penuaan dan mempercantik kulit.

16. Meredakan asma

manfaat aprikot lainnya yakni aprikot sanggup dipakai untuk meredakan asma. Bagi anda mempunyai asma aprikot merupakan salah satu buah yang sanggup direkomendasikan untuk mencegah terjadinya asma atau meredakan asma.

Baca juga : Macam manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh

17. Menunda Lapar

Bagi yang sedang menjalani proses diet untuk menurunkan berat badan, buah aprikot wajib ada dalam hidangan harian Anda. Kandungan air dan seratnya bisa menciptakan kita lebih cepat kenyang sehingga tidak merasa lapar. Seratnya juga akan mengikat lemak dan membuangnya bersama feses. Sementara kandungan nutrisinya cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. Karena itu buah aprikot sangat cocok dijadikan kudapan bagi yang sedang diet.

18. Mencegah kanker

Aprikot mengandung karotenoid dan senyawa antioksidan lainnya yang membantu dalam mencegah kanker. Karena itu mulailah mengonsumsi aprikot secara teratur untuk melindungi diri dari serangan kanker.

19. Menurunkan berat badan

Setiap 100 gram aprikot mengandung 45 kalori dan serat. Tak heran kalau konsumsi buah ini bisa membuatmu kenyang lebih usang yang nantinya berguna dalam proses menurunkan berat badan.

20. Menyembuhkan Penyakit Kulit

Kulit yang sensitif dan tidak terawat akan mempunyai banyak masalah, contohnya saja kudis dan eksim. Selain mengurangi kecantikan kulit, penyakit tersebut sangat mengganggu lantaran biasanya terasa gatal namun juga perih. Agar kulit menjadi higienis dan bebas penyakit, kita bisa mengandalkan buah aprikot untuk dikonsumsi scara rutin. Selain itu minyak biji aprikot sanggup membantu penyembuhan dari luar sebagai obat oles untuk mengatasi jerawat.

21. Menyehatkan Rambut

Selain memperlihatkan manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit, buah aprikot juga sanggup berguna untuk menjaga kesehatan rambut. Mengkonsumsi buah aprikot secara teratur akan membantu menutrisi rambut dan kulit kepala sehingga rambut terhindar dari kerusakan. Selain itu minyak aprikot yang dioleskan ke rambut akan menciptakan rambut lebih berkilau. Minyak aprikot juga bisa dicampurkan dengan kondisioner dan dipakai sesudah keramas.

itu tadi bermacam-macam manfaat aprikot untuk tubuh. Di balik rasanya yang nikmat, ternyata buah yang satu ini kaya akan bermacam-macam kandungan yang sanggup membantu Anda. Semoga bermanfaat

Blogger Lampung Abal - Abal yang Sedang Belajar.


EmoticonEmoticon